Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 10 Juni 2013

TULISAN ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

CONTOH KASUS HUKUM PERDATA

Dalam hukum perdata terdapat contoh dari kasus tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1.       Contoh Hukum Perdata Warisan
Ketika seorang Ayah telah meninggal dan meninggalkan harta kekayaan sedngkan beliau tidak menulis surat wasiat apapun dan menjadi sebuah perselisihan diantara anak-anaknya, kasus tersebut bisa dibilang sebagai hukum perdata warisan.
2.       Contoh Hukum Perdata Perceraian
Ketika sepasang suami istri telah menikah dan mengajukkan surat cerai kepada pengadilan atau KUA karena sesuatu hal yang tidak bisa diselesaikan selain perceraian diantara mereka tersebut, maka kasus tersebut dibilang hukum perdata perceraian.
3.       Contoh Hukum Perdata Pencemaran Nama Baik
Kasus dimana orang tersebut merasa namanya dicemarkan nama baiknya karena pemberitaan yang beredar luas membuat orang tersebut merasa kurang nyaman atau terganggu atas tuduhan yang diberikan kepadanya dari orang lain, maka kaksus tersebut adalah kasus hukum perdata pencemaran nama baik.

Selain contoh kasus diatas, masih banyak kasus hukum perdata yang terjadi. Contohnya seperti dibawah ini.
Seorang penjual menerima cek dari seorang pembeli, kerika penjual ingin mencairkan tersebut cek itu ternyata cek kosong. Setelah si penjual menghubungi pembeli, pembeli itu akan membayarkan dengan uang tunai dalam waktu seminggu. Setelah seminggu si pembeli membayarkan utangnya kepada si penjual, tetapi hanya bisa dibayar separuh dari pembelian produk yang dibeli oleh si pembeli. Akhirnya si penjual melaporkan si pembeli kepada polisi dan kasus ini dimasukkan ke kategori hukum perdata karena si penjual telah menerima cicilan dari si pembeli.

Sumber:
www.beritaterhangat.net


0 komentar:

Posting Komentar